Gempa Hari Ini: M 5,9 Guncang Kaim「The foreign baccarat master's play style」ana Papua Barat akibat Deformasi Batuan

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Perjudian ilegal.

PThe foreign bThe foreign baccarat master's play styleaccarat The foreign baccarat master's play stylemaster's play styleeriksa The foreign baccarat master's play styledan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa hari ini di Kaimana, Papua Barat, yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,9 Guncang Sulawesi Tengah Terasa Hingga Palu

Kendati lokasi pusat kejadian gempa tektonik ini berada di laut, tetapi pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

KOMPAS.com - Gempa hari ini bermagnitudo 5,9 mengguncang wilayah Kaimana, Papua Barat, pada Senin (2/8/2021) pukul 12.01 WIB.

Upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," kata dia.

Dengan demikian, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 4,1 Guncang Teluk Kaimana Papua Tak Berpotensi Tsunami

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 94 km arah selatan Kota Kaimana, Papua Barat, pada kedalaman 77 km.

Serta, hasil monitoring BMKG hingga pukul 12.25 WIB, Senin, 2 Agustus 2021, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,45 derajat LS; 134,01 derajat BT.

Mengenai sumber gempa itu sendiri, Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi batuan di Graben-Aru.

Namun, dampak guncangan gempa hari ini dirasakan di daerah Kaimana dengan skala intensitas IV MMI, di mana bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 6,2 Guncang Kepulauan Talaud, 8 Kali Susulan

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," ujarnya.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dimutakhirkan menjadi M 5,8.